Thursday, August 11, 2011

Spanyol Terkapar Di Tangan Italia

Gol Alberto Aquilani menjadi penentu kemenangan Azzurri

Friendly: Italy vs Spain: Riccardo Montolivo; Santiago 
Carzola
Getty
Riccardo Montolivo dan Alberto Aquilani menjadi pahlawan kemenangan 2-1 Italia atas juara dunia Spayol yang hanya bisa membalas satu gol melalui penalti Xabi Alonso.

Pertandingan ini digelar di stadion San Nicola, Bari kota asal Antonio Cassano dan sang idola diberi tanggung jawab memegang ban kapten. Laga ini terbilang besar bagi FantAntonio yang kesulitan menembus tim inti di San Siro. Di lini depan Cassano berduet dengan penyerang Villarreal Giuseppe Rossi, sementara Riccardo Montolivo memainkan peran trequartista.

Kubu Spanyol kehilangan Sergio Ramos karena cedera tetapi mereka menurunkan tiga penyerang sekaligus Santi Cazorla, Fernando Torres dan David Silva.

Sejarah mencatat, dari 28 pertandingan, sembilan dimenangkan Italia, 11 imbang dan sisanya Furia Roja berjaya.

Tidak seperti biasanya, sejak kick-off Italia terlihat agresif dengan satu-dua sentuhan cantik hingga bisa meloloskan Domenico Criscito untuk melepaskan tembakan yang membentur tiang gawang Iker Casillas.

Montolivo memecahkan kebuntuan dengan sebuah gol menawan. Bintang Fiorentina ini lepas dari perangkap off-side dan memanfaatkan kesalahan Iraola dalam mengantisipasi bola umpan Criscito. Montolivo yang menguasai situasi berhasil mengecoh Casillas dengan teknik bola chip cantik.

Kabar buruk bagi fans Chelsea karena Fernando Torres harus ditarik keluar lapangan karena cedera engkel dan harus digantikan Llorente. Sejurus kemudian Cassano meminta wasit memberikan hadiah penalti karena merasa dilanggar Gerard Pique di kotak terlarang.

Pada menit 37 giliran fans Spanyol bersorak kegirangan setelah wasit menunjuk titik putih karena melihat Llorente dilanggar Chiellini. Xabi Alonso dengan dingin mengeksekusi bola dan menaklukkan Gianluiggi Buffon.

Italia nyaris unggul jelang babak pertama berakhir tatkala kepala Cassano menyambut umpan Christian Maggio dari sektor kanan, sayang bola melambung di atas mistar gawang.

Gerard Pique harus meninggalkan lapangan dan digantikan Sergio Busquets. Di babak kedua, Vicente del Bosque memasukkan David Villa, Thiago Alcantara dan penjaga gawang Victor Valdes. Sementara kubu Italia menarik Thiago Motta yang digantikan Claudio Marchisio.

Lagi-lagi Cassano mendapat peluang emas di awal babak kedua, sayang dia lebih memilih mengirim umpan yang kurang akurat ketimbang melepaskan tendangan dari jarak cukup dekat.

Cassano dan Rossi mendapat sambutan meriah ketika meninggalkan lapangan untuk digantikan duet Mario Balotelli dan Giampaolo Pazzini. Tak lama kemudian giliran Spanyol yang nyaris unggul, Buffon dipaksa bekerja keras untuk menyelamatkan gawangnya dari tendangan Llorente.

Dominasi La Roja mulai terlihat, bola bisa mereka kuasai. Alonso kembali mengancam, tetapi konsentrasi Buffon masih tinggi dan bisa menjaga gawang dengan baik. Di sisi lain Italia tetap menyimpan potensi ancaman besar melalui kecepatan Balotelli.

Ketika pertandingan menyisakan waktu normal enam menit, Italia berhasil mencetak gol kemenangan melalui Alberto Aquilani. Tembakan pemain Liverpool itu berbelok arah setelah mengenai Albiol hingga mengecoh Victor Valdes. Gol ini cukup untuk menghadirkan kemenangan berharga bagi skuad Cesare Prandelli.


Sumber: GOAL.com

No comments:

Post a Comment