Thursday, August 11, 2011

Jerman Tundukkan Brasil

Jerman, yang memainkan banyak pemain muda, terbukti mampu mengungguli Brasil, 3-2.

 

Brasil v Germany, Andre Santos, Thomas Muller
 
 
Jerman berhasil memetik kemenangan pertama atas Brasil dalam 18 tahun terakhir setelah menang 3-2 pada laga ujicoba di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Rabu (10/8) malam waktu setempat.

Diperkuat sejumlah pemain muda, Jerman tampil menawan dan mampu mengurung Brasil di wilayah pertahanan sendiri sepanjang 20 menit awal pertandingan. Peluang emas diperoleh Mario Gotze di sisi kiri kotak penalti Brasil, tetapi tendangannya dapat dipatahkan Julio Cesar.

Namun, akibat absennya Sami Khedira, masih ada celah di antara lini pertahanan dan tengah Jerman sehingga dapat dimanfaatkan lawan. Dalam dua kesempatan terpisah, Ramires dan Robinho berhasil memanfaatkan celah itu untuk berlari vertikal meski tidak sampai mengancam gawang Manuel Neuer.

Pertandingan berjalan lebih menarik pada babak kedua. Brasil sepatutnya unggul lebih dahulu kalau saja Alexandre Pato memanfaatkan peluang yang didapat. Terlepas sendirian di kotak penalti Jerman dan berhadapan dengan Neuer, Pato melepas tendangan cungkilan yang melebar dari sasaran.

Peluang tersebut menjadi titik balik penampilan Brasil. Pada menit ke-61, aksi Toni Kroos dihentikan jegalan Lucio sehingga wasit Viktor Kassai menunjuk titik putih. Bastian Schweinsteiger berhasil melaksanakan tugas sebagai eksekutor.

Enam menit berselang, Gotze menggandakan keunggulan Jerman memanfaatkan kerja sama apik antara Kroos dan Miroslav Klose. Lolos dari perangkap off-side barisan pertahanan Brasil, dengan mudah Gotze melewati hadangan Cesar dan menceploskan bola ke gawang kosong.

Menit 71, Brasil membalas satu gol. Secara ceroboh Philipp Lahm menghentikan laju Dani Alves di area terlarang. Penalti kedua pertandingan terjadi dan Robinho sukses menjalankan tugas.

Jerman kembali menjauh pada menit ke-80 melalui Andre Schurrle. Aksi Schweinsteiger melewati penjagaan Andre Santos diakhiri dengan umpan mendatar. Dengan sebuah tendangan keras, Schurrle melesakkan bola ke tiang jauh.

Sebelum pertandingan berakhir, Brasil mampu mempertipis kekalahan melalui kejelian Neymar melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang melewati hadangan Jerome Boateng.

Kekalahan dalam pertandingan ini makin menyisakan pekerjaan rumah bagi Mano Menezes setelah Brasil gagal total di Copa America.



Sumber: GOAL.com

No comments:

Post a Comment