Tuesday, August 23, 2011

Jelang Liga Italia 2011/2012. Mencari Pengganggu Duo Milan



Akhir pekan ini Liga Italia 2011/2012 akan segera bergulir kembali. Pertanyaan mudah, siapa yang bakal merebut scudetto? Tampaknya tak akan jauh-jauh dari perang dua klub asal Kota Milan, AC Milan dan Inter Milan.

Musim lalu Milan akhirnya mengakhiri puasa gelar Seri A selama delapan musim setelah finis di urutan pertama dengan 82 poin, unggul enam poin dari Inter yang selama lima musim sebelumnya selalu merebut 
Scudetto.

Bagaimana dengan dengan musim ini? 
Detiksport coba menjabarkan peluang Milan dan Inter serta para pesaingnya seperti Napoli dan Juventus. Juga ada kuda hitam macam AS Roma, Lazio dan Udinese.


AC Milan

Pemilik 18 gelar scudetto ini tampaknya akan jadi kandidat terkuat untuk jadi juara lagi musim ini. Skuad yang tak banyak berubah dan semakin padunya skuad Massimiliano Allegri jadi modal baik untuk mereka mengarungi kompetisi yang padat.

Tambahan pemain-pemain seperti Taye Taiwo, Philippe Mexes dan Stephan El-Shaarawy akan menambah kekuatan Rossoneri musim depan. Kini selain mempertahankan gelar Seri A, Milan pun dijagokan akan merebut titel Liga Champions kedelapannya.

Namun tak berarti Milan tak punya kelemahan. Ketergantungan pada sosok Zlatan Ibrahimovic yang belum bisa dihilangkan hingga kini serta makin menuanya Alessandro Nesta bisa jadi hadangan bagi Il Diavolo Rosso. Para pemain baru di lini belakang macam Mexes harus bisa cepat beradaptasi.


Inter Milan

Klub milik Massimo Moratti itu ini harus menuai kegagalan mempertahankan gelar musim lalu, akibat terlalu sibuk mencari pengganti Jose Mourinho dan mempertahankan pemain bintangnya.

Di musim panas ini hal yang sama kembali terjadi saat Inter harus ditinggal Leonardo dan mencari pelatih baru lagi. Pilihannya pun jatuh pada eks pelatih Genoa, Gian Piero Gasperini.

Banyak yang mengangkat alis matanya saat Gasperini yang bukan nama besar di dunia kepelatihan, ditunjuk melatih klub sebesar Inter. Apalagi tuntutan meraih kembali scudetto dan berjaya di Liga Champions bisa jadi beban tersendiri Gasperini.

Apalagi Inter kemungkinan akan ditinggal Samuel Eto'o dan masih harus membentengi Wesley Sneijder serta Maicon dari kejaran klub lain. Di musim panas ini Inter praktis baru membeli Ricky Alvarez dari Velez Sarsfield serta Jonathan dari Santos sebagai pemain anyarnya.

Terlepas dari itu, Inter tetaplah sebuah klub besar dengan mental pemenang dan juara yang kian terasah sejak kedatangan Mourinho tiga tahun lalu. Maka 
Il Biscione tetap jadi salah satu kandidat terkuat peraih Scudetto musim ini.



Juventus

Klub besar yang masih mencoba mencari bentuk usai terdegradasi pasca kasus Calciopoli 2006 dan hingga kini masih belum mampu lagi merangsek ke papan atas.

Di bawah komando Antonio Conte sebagai pelatih baru, Juve coba mengembalikan lagi kelasnya sebagai klub Seri A tersukses dengan 27 gelar Seri A itu. Kembali Bianconeri membeli sejumlah pemain seperti Mirko Vucinic, Andrea Pirlo, Arturo Vidal. Stephen Liechsteiner dan Reto Zigler untuk mendukung itu.

Namun sepertinya skuad ini masih kurang mumpuni untuk bertarung memperebutkan scudetto dan diprediksi hanya bisa finis di empat besar.


Napoli

Peringkat ketiga musim lalu, Napoli, masih akan pengganggu untuk Milan dan Inter dengan kekuatan yang tak nyaris berubah dari musim lalu.
ll Partonopei malah mendatangkan Gokhan Inler dari Udinese serta Miguel Britos dari Bologna untuk memperkuat skuad mereka. Dengan masih bertahannya trio Marek Hamsik, Ezequiel Lavezzi dan Edinson Cavani serta racikan Walter Mazzari, Napoli masih bisa berharap untuk merebut scudetto.

Tapi jangan lupakan jika Napoli bermain di Liga Champions musim ini. Jika tak mampu membagi konsentrasi dengan baik, Napoli justru bisa "terjun bebas" penampilannya.


AS Roma, Lazio dan Udinese

Seri A setiap musimnya punya kuda hitam dan untuk musim 2011/2012, tiga klub yakni Roma, Lazio dan Udinese pantas dijuluki demikian.

Roma tak lagi sekuat 2-3 musim lalu namun kedatangan Luis Enrique serta beberapa pembelian macam Bojan Krkic, Erik Lamela dan Maarten Stekelenburg, akan jadi amunisi bagus untuk Il Lupi.

Lazio juga sangat aktif di bursa transfer musim ini dengan pembelian macam Djibril Cisse, Miroslav Klose, Federico Marchetti dan Lorik Cana. Anak asuh Eduardo Reja ini bisa jadi akan memberikan kejutan seperti yang sempat mereka berikan awal musim lalu.

Kuda hitam yang terakhir adalah Udinese. Meski kehilangan Alexis Sanchez, Gokhan Inler dan Cristian Zapata, Il Zebrette masih punta Antonio Di Natale serta sentuhan ciamik Francesco Guidolin, yang setidaknya bisa mempertahankan mereka di enam besar klasemen.

No comments:

Post a Comment