Saturday, September 3, 2011

Jerman Pastikan Tiket Ke Polandia-Ukraina

Tim Panzer merupakan kesebelasan pertama yang mendapatkan tempat di putaran final.

Mesut Özil, Germany vs. Austria

Jerman memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina setelah dalam pertandingan kualifikasi Grup A menggasak Austria 6-2 di Gelsenkirchen, Sabtu (3/9) dinihari WIB.

Ini merupakan kemenangan kedelapan yang diraih Jerman secara berturut-turut, sehingga membuat tim besutan Joachim Low ini mengumpulkan 24 poin, dan memimpin klasemen sementara Grup A. Jerman unggul delapan angka dari Turki yang berada di peringkat kedua.

Walau kebobolan enam gol, Austria masih memperlihatkan adanya kelemahan di barisan pertahanan Jerman. Di laga ini, Austria masih bisa melesakkan dua gol kendati memperagakan permainan buruk. Untuk kali pertama sejak 7 September 2010 lalu gawang Jerman dibobol lawannya saat tampil di kandang sendiri.

Jerman sudah unggul ketika laga baru berjalan delapan menit melalui gol Miroslav Klose. Tendangan voli Mesut Ozil membentur kaki Klose, sehingga mengubah arah bola yang mengecoh kiper Christian Gratzei. Satu tambahan gol ini membuat Klose sudah melesakkan 62 gol dari 111 penampilannya bersama Jerman, dan makin mendekati rekor milik Gerd Mueller yang mencetak 68 gol dari 62 laga.

Ozil pun menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-23 setelah menerima umpan matang dari Klose. Selang dua menit kemudian, Lukas Podolski memperbesar keunggulan Jerman setelah menerima umpan dari Holger Badstuber.

Austria berhasil memperkecil ketertinggalannya saat tandukan Marko Arnautovic memaksa kiper Manuel Neuer memungut bola dari jalanya di menit ke-42. Skor 3-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Jerman langsung memberikan tekanan ke pertahanan Austria. Laga berjalan dua menit, Ozil melesakkan gol keduanya di pertandingan ini setelah mengelabui dua pemain belakang Austria.

Tim tamu kembali memangkas selisih gol ketika pemain VfB Stuttgart Martin Harnik membobol gawang Jerman untuk kedua kalinya.

Pemain pengganti Andre Schurrle yang masuk untuk menggantikan Podolski membawa Jerman kembali memperlebar selisih gol pada menit ke-84.

Mario Gotze yang juga dimasukkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-85, langsung melesakkan gol selang tiga menit kemudian. Jerman pun menutup laga dengan kemenangan 6-2.

Pada pertandingan lainnya di Grup A, Turki harus berterima kasih kepada Arda Turan yang melesakkan gol pada masa injury time, sehingga meraih kemenangan 2-1 atas Kazakhstan. Turki sempat unggul lebih dulu melalu gol Burak Yilmaz pada menit ke-31, sebelum Konysbayev menyamakan kedudukan di menit ke-55.

Sedangkan Belgia gagal mempertahankan keunggulan, sehingga harus puas bermain imbang 1-1 melawan Azerbaijan. Belgia sempat unggul melalui eksekusi penalti Timmy Simons di menit ke-55. Tapi gol Raul Aliyev empat menit sebelum laga usai membuyarkan kemenangan Belgia.

No comments:

Post a Comment