Wednesday, February 3, 2010

Milan, Kota Terbesar Kedua di Italia

Lelucon orang Italia, mereka menyebutkan bahwa mereka mempunyai 3 ibu. Kota Roma, Ibu Kota Politik. Kota Milan, Ibu Kota Finansial. Kota Turin, Ibu Kota Industri. Tidak selayaknya kalau kita tidak menyebutkan kota-kota lainnya. Napoli, Ibu Kota turis. Genoa sebagai Ibu Kota pelayaran. Palermo sebagai Ibu Kota Pulau Sisilia. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang kota Milan.
Gambar: Letak Italia di peta 
Milan merupakan kota terbesar kedua di Italia setelah kota Roma dan merupakan Ibu Kota provinsi Lombardy, tidak begitu disukai oleh mayoritas orang Italia. Orang Italia lainnya menganggap orang Milan gila kerja dan gila kesuksesan yang dapat menghancurkan diri sendiri. Orang Milan sering dibandingkan dengan orang New York karena mereka tampak lari walau berjalan. Milan adalah kota besar Italia satu-satunya yang dirasakan benar oleh orang sebagai denyut nadi perekonomian yang tetap berjalan. Dengan pencakar langit, kereta api bawah tanah, jalan raya yang lebar, toko-toko yang menyanangkan dan restoran yang elok. Milan merupakan kota besar abad ke 20, suasananya yang riuh merupakan refleksi yang tepat terhadap fakta bahwa kota itu adalah pusat perbankan dan perdagangan yang terpenting di Italia. Kota ini memimpin negeri itu dalamproduksi tekstil, obat-obatan dan produk logam serta dalam percetakan dan penertiban.
Akan tetapi, ada juga kelebihan Milan selain bank dan industri karena Milan memiliki peninggalan sejarah budaya yang penting.

Jantung kota Milan adalah  Piazza del Duomo yang besar ("Katedral"), yang di bangun pada tahun 1861 di kaki Katedral Gotik yang amat indah. Di sebuah sisi Piazza terdapat Balai Seni Vittorio Emmanuele II dengan atap melengkung yang cantik beserta toko, kedai kopi dan restorannya yang menyenangkan.
Di sanalah dengan seragam yang  parlente dan bersih Carabinieri (Kesatuan tentara khusus yang bertugas sebagai polisi) menjaga  lalu-lalang penduduk Milan yang terus-menerus bergantian. Jika orang langsung menyeberang lewat Balai Seni itu, ia akan munsul di Piazza della Scala dan bangunannya yang paling terkanal, Teatro della Scala. La Scalla, sesuai dengan namanya, mungkin sekali merupakan gedung opera paling terkenal di dunia dan menjadi cita-cita setiap penyanyi opera unutk mendapatkan kesempatan menyanyi disana.
Gambar: Piazza del Duomo

Peninggalan sejarah penting lainnya di kota Milan yaitu Bassilika Santo Ambrogio-gereja abad ke-11 yang di bangun untuk menghormati uskup Milan yang pertama, Santo Ambrose. Gereja Santa Maria delle Grazie  dikenal oleh para pecinta seni sebab disinilah Leonardo da Vinci melukis lukisan dinding dan langit-langitnya yang paling terkenal, The Last Supper ("Makan malam terakhir") yang rusak berat dalam Perang Dunia II dan kini telah di perbaiki secara keseluruhan.

Ada koleksi seni yang menarik di Milan, termasuk satu dari milik Italia yang terbesar di Pinacoteca di Brera perpustakaan Ambrosia dan 2 buah Universitas termasuk diantara sumbangan milik kota itu yang terkenal bagi kehidupan intelektual Italia.

Di kota Milan terdapat klub sepakbola terkenal di Eropa bahkan di dunia yaitu AC Milan dan Inter Milan. AC Milan didirikan tahu 1899, pendirinya adalah orang Inggris yaitu Alfred Edwards yang kemudian menjadi Persiden pertama Milan dan Herbert Klipin yang kemudian menjadi kapten tim AC Milan yang pertama. Sementara itu Inter Milan didirikan pada tahun 1908.


Gambar: Herbert Klipin (Kapten pertama AC Milan).

1 comment: